Multimedia Tekhnologi berpacu dalam seni kreasi dan imajinasi

Selamat Datang di Blog kami semoga berguna bagi anda yang berminat di dunia IT

Sabtu, 30 Oktober 2010

Perangkat lunak authoring

A. Authoring berbasis halaman
Merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku atau kartu. Authoring ini menghubungkan halaman ke dalam urutan yang terorganisir.
Contoh : 1) Hypercard
2) Toolbook Assistant.
1) HyperCard
HyperCard adalah sebuah program aplikasi yang dibuat oleh Bill Atkinson untuk Apple Computer, Inc yang merupakan salah satu pertama yang berhasil hypermedia sistem sebelum World Wide Web .. Ini menggabungkan database kemampuan dengan fleksibel,, user-interface grafis dimodifikasi. [1] HyperCard juga fitur HyperTalk , ditulis oleh Dan Winkler , sebuah bahasa pemrograman untuk memanipulasi data dan user interface.. Beberapa HyperCard pengguna dipekerjakan sebagai sistem pemrograman untuk Rapid Application Development aplikasi dan database.
HyperCard awalnya dirilis pada tahun 1987 untuk $ 49,95, dan termasuk dengan semua Mac baru yang dijual pada saat itu. [2] itu ditarik dari penjualan di bulan Maret 2004, meskipun saat itu belum diperbarui selama bertahun-tahun.HyperCard berjalan native hanya di Mac OS versi 9 atau sebelumnya, tetapi masih dapat digunakan di Mac OS X 's Classic mode pada mesin berbasis PowerPC (G5 dan sebelumnya). Fungsional yang asli HyperCard lingkungan authoring terakhir adalah mode Classic di Mac OS X 10.4 (Tiger) pada mesin berbasis PowerPC (meskipun dapat dijalankan pada mesin berbasis Intel modern dengan menggunakan lapisan emulasi seperti SheepShaver ).

2) Toolbook Assintant
Asisten ToolBook adalah desktop Click2learn e-Learning authoring program yang khusus dirancang untuk kemudahan penggunaan.antarmuka intuitif adalah ideal bagi mereka yang ingin membuat e-Learning konten interaktif dengan cepat, tanpa pemrograman. Asisten ToolBook menghasilkan konten yang efektif 100%-Web yang dioperasikan melalui standar.Asisten ToolBook mendukung standar muncul diciptakan dan didukung dalam SCORM, AICC, IMS, ADL, dan IEEE. Asisten ToolBook konten dapat diluncurkan, bookmarked, dan dilacak menggunakan SCORM atau AICC. Konten yang dikembangkan dalam ToolBook dapat digunakan di Internet, di intranet, jaringan area lokal (LAN), atau pada CD-ROM. Asisten ToolBook konten dapat diintegrasikan dengan LMS Aspen atau sistem manajemen lain pembelajaran berbasis standar.

B. Authoring berbasis icon
Menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama. Menampilkan diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan.
Contoh : 1) Microsoft Power Point
2) Macromedia Authorware
1) Microsoft Power Point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
2) Macromedia Authorware
Macromedia Authorware ialah sebuah bahasa pengaturcaraan grafik berasaskan carta aliran. Ia digunakan untuk mencipta atur cara interaktif yang menyepadukan berbagai-bagai kandungan multimedia, khususnya aplikasi-aplikasi e-pembelajaran. Model carta aliran Authorware membezakannya daripada alat-alat pengarangan yang lain seperti Adobe Flash dan Macromedia Director yang bergantung kepada sebuah struktur visual, garis masa, dan skrip.
C. Authoring berbasis waktu
Merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Contoh : 1) Macromedia Director MX
2) Macromedia Flash
1) Macromedia Director MX
Macromedia Director MX adalah kuat multimedia authoring tool untuk membuat konten yang kaya interaktif menarik ditempatkan di / DVD-ROM CD, kios, dan Internet. Hal tersebut terintegrasi dan komprehensif array sebagian besar elemen multimedia untuk membuat cepat-rendering, kinerja tinggi, aplikasi media yang kaya. Macromedia Director MX combines interactive 2D and 3D animation, RealVideo, RealAudio, Macromedia Flash, MP3, QuickTime, bitmaps, vectors, text, fonts, and more to create streaming interactive multi-user content. Macromedia Director MX interaktif menggabungkan 2D dan 3D animasi, RealVideo, RealAudio, Macromedia Flash, MP3, QuickTime, bitmap, vektor, teks, font, dan lebih banyak untuk membuat multi-user streaming konten interaktif.

Kursus ini menyediakan penggunaan lingkungan authoring kuat dari Macromedia Director MX untuk membuat storyboard, untuk menciptakan hiburan 3D menyilaukan, demonstrasi produk interaktif menggunakan Macromedia Director MX. Macromedia Director adalah perangkat yang dibuat oleh Macromedia dan sekarang merupakan bagian dari Adobe Systems. yang memperbolehkan pengguna untuk membangun perangkat lunak dalam film metaphor, yang digunakan pengguna untuk menjadi sutradara sebuah film.
2) Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis
D. Authoring DVD
DVD authoring adalah proses membuat DVD mampu memainkan video pada DVD player . DVD authoring software harus sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh Forum DVD grup pada tahun 1995. Kompleksitas spesifikasi ini hasil dari jumlah perusahaan yang terlibat dalam menciptakan mereka.
Strictly speaking, berbicara, DVD authoring Strictly berbeda dari proses encoding MPEG , tetapi sebagai tahun 2009 DVD authoring software yang paling memiliki built-in encoder (meskipun terpisah encoders masih digunakan ketika kualitas yang lebih baik atau lebih baik kontrol atas pengaturan kompresi diperlukan).
aplikasi DVD-authoring Sebagian besar fokus secara eksklusif pada DVD video dan tidak mendukung authoring dari DVD-Audio disc.
Stand-alone DVD recorder unit umumnya memiliki fungsi authoring dasar, meskipun pencipta DVD memiliki sedikit atau tidak ada kontrol atas tata letak menu DVD, yang biasanya berbeda antara model dan merek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar